Saturday, October 21, 2017

Tips Agar Suasana Belajar SBMPTN Menyenangkan

Tips Agar Suasana Belajar SBMPTN Menyenangkan



Halo fighter,

Ada beberapa teman saya yang mengeluhkan masalahnya yang  mudah bosan ketika belajar SBMPTN. Oleh karena itu, saya akan memberikan beberapa tips untuk menciptakan suasana belajar SBMPTN yang menyenangkan.

Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

*Kenali Tipe Belajarmu

Masing-masing orang memiliki karakteristik yang berbeda. Begitu juga dengan tipe belajar, tentunya berbeda satu sama lain. Ada dua tipe belajar, yaitu tipe belajar visual, auditori, dan kenestik.

Ciri tipe belajar visual adalah cenderung memanfaatkan ketajaman penglihatan. Dia lebih mudah menyerap citra berupa diagram, peta, warna, gambar, dsb. 

Nah, jika kamu memiliki tipe belajar seperti ini, ada baiknya kamu membeli buku-buku SBMPTN yang berisi materi dan soal yang lengkap. Karena kamu lebih suka membaca, maka berilah stabilo warna wani agar kegiatan membacamu menjadi menyenangkan.

Ciri tipe belajar auditori adalah cenderung memanfaatkan ketajaman pendengaran. Dia lebih suka mendengar dan cenderung tidak suka membaca. 

Apabila kamu memiliki tipe belajar seperti ini, lebih baik kamu belajar sambil mendengarkan video penjelasan atau mendengarkan guru yang sedang mengajar dengan lebih seksama. Hal itu bertujuan agar belajarmu efektif.

Ciri tipe belajar kinestetik adalah cenderung memanfaatkan gerak fisik atau praktik langsung. Dia lebih suka belajar dengan bergerak atau menyentuh benda-benda secara langsung daripada melihat atau mendengar.

Nah, bagaimana tipe belajarmu?

*Temukan Hal yang Membuatmu Nyaman

Beberapa orang lebih nyaman belajar sambil makan, beberapa juga tidak. Beberapa orang lebih nyaman mendengarkan sambil mencatat, beberapa juga tidak. Jadi, kenyamanan seseorang berbeda.

Jadi, lakukan apapun yang membuatmu nyaman dalam belajar. Entah itu sambil makan, mencatat, mendengarkan lagu, dsb.

Tapi, hal yang sangat saya sarankan adalah untuk tidak belajar sambil tiduran. Kenapa? Karena dengan merebahkan tubuh, kita akan mengantuk, dan akhirnya tidur deh. Kan gawat kalo gitu.

*Sedikit Tapi Efektif

Titik jenuh dalam belajar itu pasti ada dan  itu wajar. Jika itu datang, maka hentikan dulu belajarmu. Sebaiknya kamu mengatur jadwal belajar yang singkat dan ringan.

Misalkan begini, jika kamu harus menempuh jarak sekitar 100 km, maka lebih baik sedikit-sedikit tapi berhenti. Yang penting kamu menikmati.

Daripada kamu harus ngos-ngosan karena kelelahan belari. Alhasil kamu jadi tidak kuat dan memilih berhenti padahal sedikit lagi kamu sampai. 

Intinya, jangan buang-buang energi untuk kadar target yang sama. 

*Jangan Memaksakan Diri

Seperti yang saya jelaskan di atas. Ketika rasa jenuh itu timbul, jangan memaksakan diri untuk terus belajar. Berhentilah sejenak saja. Mungkin otakmu perlu istirahat.  Apa gunanya kalau kamu terus memaksakan diri yang ujung-ujungnya tidak ada apapun yang kamu mengerti.

*Selingi dengan Refreshing

Kamu bisa menghadiahi dirimu dengan hal-hal yang sederhana.  Misalnya kamu akan membeli ice cream kalau kamu berhasil mengerjakan soal ini dengan baik.  Atau kamu akan membuka youtube kalau sudah selesai mengerjakan materi trigonometeri.

Hadiahi dirimu dengan apapun yang kamu suka dan mampu. Otmatis, otakmu akan bersemangat untuk belajar karena ada embel-embel hadiah setelahnya.

*Ubah Cara dan Posisi Belajar

Ini sangat penting supaya kamu bisa merasakan suasana baru dalam belajar sehingga rasa jenuh akan hilang.

Cobalah untuk mengganti posisi meja belajarmu, tempatmu belajar, atau sekedar warna stabilo di bukumu. 

Nah, hanya itu dulu yang bisa saya bagikan, fighter. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon